Senin, 10 Februari 2014

Tips Menjaga Kesehatan Lambung

Tips Menjaga Kesehatan Lambung

Berikut kita simak mengenai tips menjaga kesehatan lambung dengan tepat dan aman. Karna banyak orang salah menafsirkan mengenai cara menjaga lambung agar tetap sehat.


Organ Lambung adalah salah satu organ sistem saluran pencernaan terpenting dalam tubuh manusia. Organ penting seperti lambung ibaratkan bagai sebuah kantong yang memiliki beberapa fungsi penting . Salah satu fungsi penting organ lambung ialah sebagai tempat untuk mencerna makanan yang kita konsumsi. Makanan akan menuju ke lambung melewati bagian yang disebut kardia . Kemudian makanan masuk ke bagian tengah lambung yang disebut dengan nama fundus. Makanan tersebut kemudian dicerna di dalam organ lambung dengan menggunakan cairan asam lambung yang keluar dari dinding lambung yang disebut dengan nama mucosa, serta merupakan kombinasi dari fungsi beberapa elemen dinding lambung lainnya seperti muscularis yang berfungsi untuk mengaduk-aduk makanan yang berada di dalam lambung . Selain untuk mencerna berbagai macam makanan serta cairan, organ lambung juga memiliki fungsi menyerap sebagian sari-sari makanan dan nutrisi melalui bagian dinding lambung yang bernama submucossa.

Karena Lambung ini adalah salah satu bagian yang tubuh atau organ yang penting maka kita harus menjaga kesehatannya . Sebab jika tidak , lambung akan mengalami masalah dan tidak dapat berfungsi secara optimal .Beberapa masalah yang sering terjadi pada lambung yaitu diantaranya adalah Penyakit Maag , Infeksi Lambung , Radang Lambung , Pendarahan Lambung dan juga GERD . Penyakit maag adalah rasa nyeri pada lambung yang diakibatkan oleh peningkatan asam lambung . Salah satu hal yang membuat Penyakit maag tidak bisa dianggap sepele yaitu penyakit ini bisa menjalar dan menyebabkan penyakit liver.

Makanan yang telah hancur lembut saat dimasak, tentu saja amat memudahkan kerja pencernaan lambung. Ibarat mesin, jika kerjanya relatif ringan, mesin itu akan lebih awet. Begitu juga lambung. Lambung bekerja keras jika makanan itu berasal dari bahan nabati yang seratnya lebih keras dan padat.

Mengunyah merupakan proses seperti mencincang makanan, selain agar pekerjaan lambung menjadi tidak berat, makanan yang dikunyah lebih lama, sekurang-kurangnya 30 kali, akan cukup tercampur dengan liur. Pentingnya liur tercampur dalam makanan yang kita telan karena enzim dalam air liur ini akan membantu sebagian pekerjaan pencernaan untuk memecah-mecah zat gizi dari makanan yang kita makan menjadi bagian-bagian kecil yang lebih mudah untuk diserap dan masuk ke aliran darah.

Berikut Tips Yang Harus Kita Lakukan :

1.Kunyah makanan lebih lama
Cara mengunyah makanan ternyata dapat mempengaruhi kesehatan organ lambung kita. Sangat disarankan makanan dikunyah sebanyak 33 kali sebelum kemudian ditelan. Makanan yang tidak mengalami kunyahan yang sangat halus dapat menyebabkan gangguan pada lambung karena meningkatnya asam lambung karena makanan tidak dinetralkan oleh saliva (air liur).

2.Kurangi mengkonsumsi minuman bersoda
Terlalu banyak mengkonsumsi minuman bersoda dapat menyebabkan gangguan pada lambung. Efek yang ditimbulkan karbonasi pada minuman bersoda dapat mengakibatkan ketidaknyamanan pada lambung (tubuh) dan memicu refluks yaitu naiknya kembali makanan yang berada di lambung ke kerongkongan . 

3.Memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayuran
Banyak mengonsumsi buah dan sayuran yang tinggi serat dapat menurunkan resiko terkena penyakit tukak pada lambung. Serat yang banyak berasal dari sayur mayur dan buah-buahan dapat membantu menyembuhkan tukak pada lambung . Namun tetap tetap menjaga tubuh dari konsumsi buah dan sayuran yang asam .

4.Kurangi mengkonsumsi makanan pedas dan asam
Pada saat ada makanan yang masuk ke dalam organ lambung kita, maka secara natural lambung akan mengeluarkan HCl (Asam Chlorida). Namun apabila mengonsumsi berbagai makanan pedas atau asam dapat membuat lambung menyekresikan asam HCl yang semakin banyak. Hal tersebut dapat menyebabkan lambung akan terasa perih atau terkena maag . Oleh sebab itu sebaiknya mengurangi konsumsi makanan pedas dan asam.

5.Atur pola makan secara teratur (puasa)
Meskipun ditengah aktivitas yang padat serta super sibuk, tetap berusaha untuk selalu mengatur pola makan secara teratur tiap hari. Karena, pada saat makanan masuk ke dalam organ lambung, maka otomatis organ lambung akan memproduksi cairan asam. Secara alamiah pada saat waktu makan telah tiba , maka lambung akan memproduksi asam lambung . Jika tidak ada makanan yang masuk saat itu dapat menyebabkan asam lambung menghancurkan dinding-dinding lambung yang berakibat lambung terasa perih. Akan tetapi, ketika anda menjalani kegiatan berpuasa maka secara otomatis pola makan akan teratur yaitu anda memasukan makanan hanya ketika sahur dan berbuka.

Dengan sedikit penjelasan diatas semoga kita menyadari akan penting organ lambung bekerja untuk kesehatan tubuh kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar