Minggu, 16 Februari 2014

Faktor Penyebab Penyakit Maag

Faktor Penyebab Penyakit Maag

Berikut kita simak mengenai beberapa faktor penyebab penyakit maag yang belum kita ketahui dan sudah kita ketahui yang harus kita kenali agar kita lebih waspada menjaga kesehatan lambung kita di sela sela rutinitas kita sehari hari.

Penyebab penyakit maag bisa diatasi dengan cara mengurangi konsumsi makanan yang dapat mengganggu lambung (makanan yang tetrlalu asam dan pedas) serta menghindari makanan yang bisa membentuk gas sehingga mengakibatkan perut kembung (misalnya ubi dan nangka). Usahakan makan secara teratur dan tepat waktu apapun kesibukan yang sedang anda lakukan. Snack atau makanan ringan juga sangat baik diknsumsi di sela-sela makan siang dan malam. Jangan lupa sarapan pagi agar tubuh Anda selalu berenergi.

Penyebab Penyakit Maag :

A. Terlalu berlebihan mengkonsumsi makan pedas
Nah, bagi anda yang begitu tergila-gila pada makanan pedas, anda harus lebih waspada. Salah satu penyebab terjadinya sakit maag adalah seringnya mengkonsumsi makanan pedas yang terlalu berlebihan. Bukan tidak boleh sama sekali, namun anda harus lebih memperhatikan porsinya, jangan sampai berlebihan.

B. Terlalu berlebihan mengkonsumi makanan asam
Begitu banyak jenis makanan yang mempunyai rasa asam atau kecut. Salah satu contohnya adalah buah-buahan yang berasa asam, seperti mangga muda. Sebenarnya masih banyak sekali jenis makanan lainnya yang termasuk dalam makanan asam. Anda bisa mencari informasinya sendiri. Nah, jika sampai anda terlalu berlebihan mengkonsumsinya, maka bisa saja anda akan terkena sakit maag. Mulai sekarang berhati-hatilah.

C. Produksi asam lambung dan pepsin yang terlampau berlebihan
Asam lambung adalah zat yang diproduksi oleh organ lambung. Fungsi dari asam lambung adalah sebagai pembantu dalam proses penguraian makanan agar lebih mudah diserap oleh tubuh. Sedangkan pepsin adalah  enzim yang dilepaskan dalam perut sebagai pepsinogen. Proses pelepasan pepsinogen ini dirangsang oleh asam klorida. Nah, ketika pepsinogen ini terkena asam klorida dalam lambung, maka yang terjadi adalah berubahnya pepsinogen menjadi pepsin. Nah, sekarang anda sudah mengerti apa itu asam lambung dan pepsin.

D. Terjadinya luka pada lapisan mukosa
Ketika produksi asam lambung dan pepsin dalam jumlah yang berlebihan, maka lapisan mukosa akan mengalami luka. Jika hal ini sudah terjadi, maka fungsi dari mukosa ini akan menjadi menurun dan dapat mengakibatkan adanya iritasi, luka dan peradangan pada lambung.

E. Obat-obatan
Mungkin anda tidak menyadari bahwa meminum obat-obatan tertentu yang tidak sesuai dengan dosis yang benar dan terlampau berlebihan juga bisa menjadi penyebab terjadinya sakit maag. Lebih baik anda berkonsultasi kepada dokter sebelum meminum obat tertentu demo keamanan dan kesehatan anda, termasuk agar terhindar dari sakit maag ini.

F. Minuman beralkohol
Salah satu penyebab terjadinya sakit maag adalah minuman yang mempunyai kadar alkohol yang tinggi. Alangkah baiknya jika anda menghindari semua jenis minuman yang mengandung kadar alkohol.

G.  Penyakit lain
Sakit maag juga bisa disebabkan oleh adanya penyakit lain. Namun, kasus ini hanya terjadi pada beberapa karakter pasien saja. Beberapa contoh penyakit lain ini adalah diabetes, penyakit pada ginjal, anemia, adanya infeksi didalam tubuh akibat bakteri dan adanya efek samping adanya penggunaan obat untuk pengobatan penyakit lain.

H. Kebiasaan sering menunda makan
Sudah sangat jelas menunda makan merupakan salah satu penyebab utama terjadinya sakit maag. Mungkin anda adalah seorang wanita karier yang terlalu sibuk dengan pekerjaan dan akhirnya sering menyepelakan dan melewatkan makan begitu saja. Padahal jika hal ini berlangsung terus menerus dan dalam jangka waktu yang lama, maka anda akan segera menghadapi kenyataan pahit terkena sakit maag. Nah, sebelum terlambat, mulai sekarang perhatikanlah waktu makan anda, jika memang sudah waktunya makan, ya makan jangan sampai menunda-nundanya dan akhirnya malah lupa.

I. Cokelat
Karena cokelat memiliki kandungan konsentrasi teobromin atau sebuah senyawa secara alami ada di tanaman seperti cocoa, teh dan kopi, yang dapat melemaskan otot LES, menimbulkan asam lambung naik ke tenggorokan.

J. Kopi, Teh atau Minuman yang memiliki kandungan kafein.
Karena kafein dapat mengendurkan lower esophageal spinchter (LES), katup antara lambung dan tenggorokan, sehingga memicu gas di lambung naik hingga kerongkongan.

K. Tomat dan Produk Berbahan Dasar Tomat
Di dalam tomat banyak mengandung asam yang bisa meningkatkan peluang melemahnya katup LES yang membuat asam lambung naik.

Untuk mengatasi keluhan sakit maag ini, biasanya orang akan membeli obat yang dijual di pasaran. Mungkin saja hal ini bisa membantu, namun ada juga yang akhirnya berkonsultasi kepada dokter untuk memberikan perawatan dan pengobatan yang terbaik. Nah, untuk mengantisipasi kemungkinan terjangkitnya sakit maag, alangkah lebih baiknya anda mengetahui dahulu apa saja hal-hal yang dapat menyebabkan sakit maag.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar