Minggu, 16 Februari 2014

Pantangan Bagi Penderita Penyakit Maag

Pantangan Bagi Penderita Penyakit Maag

Berikut mengenai informasi pantangan bagi penderita penyakit maag baik dari makanan maupun minuman. Semoga informasi ini dapat membantu anda dalam proses penyembuhan penyakit maag kronis maupun akut.

Makanan pantangan penderita penyakit maag. Gastritis atau lebih lazim kita menyebutnya sebagai penyakit maag merupakan penyakit yang sangat mengganggu aktivitas dan bila tidak ditangani dengan baik dapat juga berakibat fatal. Biasanya penyakit maag terjadi pada orang-orang yang mempunyai pola makan tidak teratur, suka makanan yang asam, merangsang produksi asam lambung, atau makanan/obat-obatan yang bisa mengiritasi lambung. Beberapa infeksi mikroorganisme juga dapat menyebabkan terjadinya maag. Gejala sakit maag selain nyeri di daerah ulu hati adalah mual, muntah, lemas, kembung dan terasa sesak, nafsu makan menurun, wajah pucat, suhu badan naik, keluar keringat dingin, pusing, atau selalu bersendawa. Dan pada kondisi yang lebih parah, bisa muntah darah.

Penderita penyakit maag harus berhati-hati dalam memakan suatu makanan. Diluar sana banyak sekali makanan pantangan penderita penyakit maag, karena itu penderita penyakit maag harus jeli dan teliti ketika makan. Supaya penderita penyakit maag tidak memperparah penyakit maagnya karena memakan makanan pantangan bagi penderita penyakit maag.

Pantangan Bagi Penderita Penyakit Maag :

A. Hindari makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah seperti alkohol, coklat, makanan tinggi lemak dan gorengan
B. Hindari beberapa sumber karbohidrat seperti beras ketan, mie, bihun, bulgur, jagung, singkong, tales, serta dodol
C. Hindari makanan yg merusak dinding lambung seperti cuka, pedas, merica dan bumbu yang merangsang
D. Hindari makanan yg sulit dicerna yg membuat lambung lambat kosong misal makanan berlemak, kue tart, keju
E. Hindari makanan yang banyak mengandung gas (seperti lemak, sawi, kol, nangka, pisang ambon, kedondong, buah yg dikeringkan dan minuman bersoda)
F. Hindari makanan yg merangsang keluarnya asam lambung (seperti kopi, minuman beralkohol 5-20%, anggur putih dan sari buah sitrus)
G. Pisang baiknya dimakan dalam keadaan perut tidak kosong bagi penderita maag, walau rasanya manis (tidak asam) tapi bagi penderita maag bisa memberikan pederitaan, terutama pisang jenis ambon
H. Sebaiknya penderita maag jangan sering-sering minuman bersoda, asam lambung akan sangat cepat naik dan terasa perih di lambung
I. Apabila dalam keadaan perut kosong dan diawali makanan yang mengandung kacang-kacangan ini juga memicu sakit maag
J. Obat-obatan yang dapat memicu penyakit maag yaitu, aspirin, para setamol, fenibutazon, indometasin, tetrasiklin, eritromisin, prednison
K. Alkohol sangat tidak bagus bagi saluran pencernaan, yang paling dirugikan oleh alkohol adalah organ lambung, organ lambung akan mengeras dan cepat terluka apabila seseorang sering mengkonsumsi makanan/minuman yang mengandung alkohol
L. Makanan yang kasar dan keras tentunya susah dicerna oleh tubuh, organ-organ pencernaan membutuhkan kerja ekstra apabila memakannya, penderita maag memiliki organ yang sudah sensitif dan kurang dari 100% fungsinya sudah menurun, sehingga apabila memakan makanan yang kasar dan pedas perut terasa perih dan melilit-lilit.

Demikian mengenai informasi pantangan bagi penderita penyakit maag semoga bermanfaat dan bisa anda lakukan dalam pencegahan maupun pengobatan penyakit maag.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar